Kamis, 01 Juli 2010

Solo International Etnic Music 2010 hadir lagi

Posted by Irfan Blog On 19.06

Jika ada yang pertama, tentu akan ada yang kedua. Jika yang pertama telah memberi pengalaman berharga, maka yang kedua haruslah lebih baik.

TAHUN 2009 lalu, tepatnya selama empat malam (7-10 Agustus), Solo International Performing Arts (SIPA) digelar untuk kali yang pertama. Kini di tahun 2010, tepatnya selama tiga malam (16 - 18 Juli mendatang), SIPA akan segera hadir untuk kali yang kedua.
Lalu bayangan seperti apakah yang akan terungkap pada SIPA 2010? Apakah dengan beragam seni pertunjukan akan menghidupkan kembali pesona istana Mangkunegaran yang sarat nilai heritage? Ataukah (juga) dengan seni pertunjukan ingin menghadirkan kembali ribuan masyarakat dari dalam dan luar negeri untuk berduyun datang setiap malam ke sana?
Tentu kondisi yang pernah terjadi pada SIPA 2009 tersebut tetap akan menjadi tujuan. Sebab di antaranya dari sanalah maksud membumikan Kota Solo (semangat SIPA) itu akan bisa dicapai. Namun lebih dari itu, sebagaimana yang kedua harus lebih baik dari yang pertama, ada harapan lain yang harus terus berkembang.
Maka pada mulanya memang seni pertunjukan. Lalu dari keberagaman bentuk dan kultur seni pertunjukan itu, energinya disatukan dalam sebuah semangat SIPA. Namun seterusnya, SIPA harus bisa memberdayakan diri. Berawal dari estetika panggung pertunjukan, dampaknya harus bisa dilebarkan tak hanya di wilayah budaya tapi bahkan juga ekonomi dan sosial.
Itulah SIPA 2010, yang ingin membumikan Kota Solo dan atau bila perlu juga Nusantara.
Categories:

0 komentar:

  • Blogger news

  • Blogroll

  • MIAN. Diberdayakan oleh Blogger.