Senin, 18 Oktober 2010

Railbus Solo akan segera Hadir

Posted by Irfan Blog On 18.08

Solo, CyberNews. Rencana pengoperasian railbus di Kota Solo bakal menjadi kenyataan. Sebab, proyek tersebut sudah ditangani PT Industri Kereta Api (Inka) Madiun sejak beberapa bulan. Hingga saat ini, pengerjaan railbus sudah mencapai sekitar 60 persen. Diperkirakan, pada Desember mendatang sudah selesai dan bisa dikirim ke Kota Bengawan.

Menurut Wali Kota Surakarta Joko Widodo, pemkot ingin mengajak masyarakat untuk berpaling dari kendaraan pribadi ke angkutan massal. Salah satunya ke railbus. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi persoalan lalu lintas yang semakin tahun mengalami peningkatan. Dengan begitu, diharapkan lalu lintas di jalan raya tidak akan padat. “Kami mengimbau masyarakat untuk menggunakan angkutan massal agar lalu lintas tidak padat,” kata dia, Senin (18/10)

Railbus merupakan kereta berbentuk seperti bus yang berjalan di atas rel. Menurut Jokowi, nanti akan ada dua railbus, yaitu yang beroperasi dari Solo menuju Wonogiri dan railbus tengah kota. “Yang jelas, nanti akan ada dua railbus. Ditunggu saja,” ujarnya.

Jokowi menyatakan, nantinya railbus rute tengah kota bisa berawal dari Stasiun Purwosari-Sangkrah-Jebres. Tapi, rel yang masih bisa dipakai saat ini baru Purwosari hingga Sangkrah. Sedangkan, dari Sangkrah sampai Jebres tidak bisa dilalui. Karena itu, pemkot akan mencari dan mengaktifkan rel tersebut yang kemudian digunakan untuk alat transportasi darat itu.

Sementara, railbus yang akan dioperasikan dari Solo menuju Wonogiri direncanakan untuk mengganti kereta api Feeder yang usianya sudah tua. Sebab, kereta itu beberapa kali mogok saat melakukan perjalanan.

( Arif M Iqbal /CN14 )

0 komentar:

  • Blogger news

  • Blogroll

  • MIAN. Diberdayakan oleh Blogger.